Photography & Leadership : To See and to Seize The Objective

Apa hubungannya antara fotografi dengan kepemimpinan? Sebagaimana fotografi, kepemimpinan juga menuntut kemampuan melihat dan mencermati sebuah “permasalahan” (atau subyek dalam fotografi) dari segala sudut pandang untuk kemudian mencari dan menemukan penyelesaian dengan cara yang paling tepat dan cepat.

Seorang fotografer adalah juga seorang pemimpin di balik kamera. Seorang dirigen, seorang manager, dimana ia bertanggung jawab atas dan untuk mengarahkan serta mengolah semua sumber daya yang dimiliki, sesuai dengan kapasitasnya masing-masing untuk menyelesaikan permasalahan dan atau mencapai target sekaligus bertanggung jawab atas setiap hasilnya.

Atas kegagalannya,seorang fotografer tidak bisa menyalahkan peralatannya; kamera, lensa, lighting, asistennya, modelnya dan semua aspek yang di bawah kendalinya. Sebagaimana seorang pemimpin yang baik akan bertanggung jawab penuh atas setiap keputusan yang diambilnya berikut setiap hasil/dampak dari keputusannya.

Lebih dari segalanya, seorang fotografer sebagaimana seorang pemimpin haruslah memiliki visi, pandangan yang terfokus pada sebuah target, pada sebuah titik.

Dalam hal ini, ia harus memiliki kemampuan memilah dan memilih demi mencapai visinya. Kemampuan ini bertujuan untuk menyingkirkan distraksi, hal-hal yang hanya akan mengalihkan perhatian atau “mengganggu pemandangan” agar target menjadi jelas dan jernih untuk kemudian jelas pula bagaimana mencapainya. Dalam fotografi, kemampuan memilih dan memilah ini ditunjukkan pada hasil akhir dimana subyek tampil maksimal dan menjadi pusat perhatian.

Ketika visi sudah jelas dan semua sumber daya sudah mengarah pada target/subyek, maka momentum adalah segalanya. Seorang fotografer dan seorang pemimpin harus tahu persis kapan ia harus mencapai dan mendapatkan serta menguasai visi/target/subyek/peluang. Ketelatenan dan kejelian serta kecepatan merespon menjadi kunci agar setiap momen tidak terlewatkan.

Demikianlah fotografi melatih seseorang untuk menjadi pemimpin. Demikianlah ilmu kepemimpinan hadir dimana- mana, di sekeliling kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s